Sejarah Desa

  24 Oktober 2018  |  DESA KEDUNGREJO

Sejarah Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar

Desa Kedungrejo merupakan salah satu dari 10 Desa di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang terletak di bagian timur kabupaten Banyuwangi + 45 km dari jantung kota banyuwangi  dengan Luas + 668,472 Ha dengan batas bats wilayah, Sebelah Utara Desa Tembokrejo Sebelah Barat Desa Blambangan dan Desa Tapan Rejo, Sebelah Selatan Desa Kedungringin dan Sebelah Timur berbatasan langsung dengan Selat Bali. Desa Kedungrejo sendiri merupakan Desa Pesisir Penghasil Ikan laut terbesar di Jawa Timur namun sejak Tahun 2010 hasil tangkapan ikan Nelayan mengalami penurunan.

 

Dahulu Desa Kedungrejo identik Dengan nama Muncar, sebelum menjadi Desa Kedungrejo, Muncar sendiri merupakan salah satu Desa yang berada di bawah wilayah Kecamatan Cluring, seiring perkembangan waktu Kecamatan Cluring di pecah sehingga muncul kecamatan baru hasil pecahan dengan nama Kecamatan Muncar, sejarah nama Muncar sendiri ada beberapa Versi salah satunya adalah cerita dari HR. Suparjo Denowo, penduduk asli Kecamatan Muncar, dusun Muncar berasal dari dua kata, yaitu “Monco” (bahasa jawa) dan “Mancah” (bahasa Madura) yang artinya bermacam-macam. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa sebagian besar penduduk di Desa Kedungrejo, Muncar adalah pendatang dari berbagai suku atau ras. Sebagian berasal dari Sulawasi Selatan (suku Bugis), Madura, dan beberapa daerah di wilayah Jawa.

 

Tidak ada Sejarah Baku tentang nama Nama Desa “Kedungrejo” namun dari beberapa narasumber nama Desa Kedungrejo tidak lepas dari Letak Desa yang berbatasan langsung dengan Selat Bali atau Lautan, nama Desa Kedungrejo sendiri merupakan dua suku kata yang berasal dari bahasa Jawa yaitu  “Kedung”  yang berati Sumber air yang luas, dan “Rejo”  yang berarti Ramai, dapat diartikan bahwa di Desa ini terdapat sumber air yang luas yaitu Laut dengan segala sumberdaya yang ada di dalamnya dan Kedung atau sumber tersebut semakin lama semakin Rejo atau ramai dengan segala bentuk aktifitas kehidupan didalamnya sehingga Nama Muncar yang telah dipakai untuk nama Kecamatan diubah menjadi ”KEDUNGREJO” dan menjadi nama sebuah Desa sampai saat ini

 

 

By. Admin

Contact Details

  Alamat :   Jalan Raya Ahmad Yani No. 32
  Email : kedungrejomuncar@Yahoo.co.id
  Telp. : 0333 592026
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi